Jalur Ciawi-Sukabumi Rusak Parah


Senin, 26 April 2010 | 13:44 WIB

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Ilustrasi

BOGOR, KOMPAS.com — Anggota Komisi V DPR, Yudi Widiana A, mendesak pemerintah untuk segera memperbaiki jalur jalan di Ciawi, Kabupaten
Bogor, dan Sukabumi yang kondisinya saat ini memprihatinkan.

“Aspirasi itu telah saya sampaikan dengan para menteri yang menjadi mitra kerja dalam rapat kerja dengan Komisi V,” katanya kepada Antara di Bogor, Senin (26/4/2010).

Ia menjelaskan, dalam rapat kerja pekan lalu, ia telah mendesak Kementerian Pekerjaan Umum agar memasukkan alokasi dana perbaikan jalur Ciawi-Sukabumi ke dalam APBN Perubahan 2010 yang kini sedang digodok di DPR. Hal itu dimaksudkan agar perbaikan menyeluruh bisa dilakukan tahun ini.

“Kondisi jalur Ciawi-Sukabumi kerusakannya sudah sangat parah. Padahal, ini akses nasional satu-satunya dari Sukabumi ke Bogor dan Jakarta maupun sebaliknya,” kata anggota Fraksi PKS itu.

Berdasarkan hasil pemantauan pihaknya, antrean kendaraan ataupun kemacetan di jalur tersebut terjadi nyaris selama 24 jam sehingga sudah sangat mengganggu hajat hidup orang banyak, khususnya para pengguna jalan.

Ia mengatakan, dampak lebih jauh adalah terganggunya kegiatan perekonomian rakyat akibat kerusakan jalan. Padahal, rancangan pembangunan yang dicanangkan pemerintah antara lain dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Yudi Widiana juga mengingatkan pemerintah, dengan semakin dekatnya hajatan nasional, yakni mudik Lebaran (Idul Fitri) tahun 2010 yang akan berlangsung lebih kurang tiga bulan lagi, masyarakat Indonesia akan disibukkan oleh kegiatan pulang kampung.

“Jangan sampai hajat nasional menjadi beban nasional karena kerusakan jalan yang tidak kunjung diperbaiki,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: