Istana Bantah ‘Deal’ Politik dengan WB


Mundurnya SMI
Istana Bantah ‘Deal’ Politik dengan WB
Jumat, 7 Mei 2010 | 11:49 WIB
PERSDA/BIAN HARNANSA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com — Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha
membantah adanya kesepakatan atau deal politik antara Bank Dunia (World Bank/WB) dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai penunjukan Sri Mulyani sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

“Jadi tidak benar ada deal politik atau deal antara Presiden SBY dengan Presiden Bank Dunia soal posisi Bu Sri Mulyani,” kata Julian seusai mendampingi Presiden membuka Kongres Umat Islam di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Jumat (7/5/2010).

Julian menegaskan bahwa penunjukan sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia bukan perintah penugasan dari Presiden SBY karena beberapa waktu sebelumnya pihak Bank Dunia yang memberi tahu dan meminta kepada Presiden SBY agar Sri Mulyani bisa menduduki posisi itu.

“Saya tahu memang ada surat dari Presiden Bank Dunia Robert Zoellick pada saat kita retreat di Tampak Siring untuk menanyakan kemungkinan nama Sri Mulyani dinominasikan untuk menjadi managing director di bank tersebut, itu adalah pembicaraan di tahap awalnya,” katanya.

Menurut dia, permintaan dari Bank Dunia itu karena mereka menyadari sepenuhnya bahwa Sri Mulyani masih menjabat sebagai Menkeu dan posisi ini dibutuhkan di Indonesia.

“Jadi kalau sekiranya memang tidak mungkin Sri Mulyani untuk menjadi Managing Director World Bank maka ya mungkin mereka akan pertimbangkan lagi seleksi atau nominasi berikutnya,” katanya.

Julian dalam kesempatan itu juga mengatakan bahwa Presiden Susilo
Bambang Yudhoyono akan lebih memilih calon dari kalangan profesional untuk mengganti posisi Menkeu Sri Mulyani Indrawati.

“Yang pasti adalah mungkin dari kelompok profesional dalam arti yang betul-betul mengerti di sektor keuangan yang nanti akan dipilih untuk menduduki posisi tersebut,” katanya.

Dijelaskannya, pilihan dari kalangan profesional untuk posisi Menkeu karena Presiden melihat hal ini sangat penting dan strategis bagi pembangunan ekonomi nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: